Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Hore , kami dapat ikan cupang !


Keceriaan terpancar dari raut wajah anak anak hari ini. Rabu(28/03/2018) sebanyak 82 murid kelas II dan III MIM 2 Badas mengikuti pembelajaran diluar Madrasah (OSL).Sedikit berbeda dari hari kemarin, kali ini mereka mengunjungi perpustakaan Umum Mastrip dan Balai Benih Ikan (BBI) Pare.

Di perpustakaan umum Mastrip Pare mereka diterima dan dilayani oleh bapak arifin beserta beberapa orang pustakawan.Sama halnya kemarin yang dilakukan kelas I, hari ini peserta juga mengikuti beragam kegiatan literasi di perpustakaan. Mulai dari perkenalan profil perpsutakaan, membaca buku cerita, dan presentasi didepan temannya.Vista dan aditya merasa senang karena mendapat hadiah dari beliau usai presentasi isi buku yang dibacanya.


Diakhir sesi, Bapak arifin berpesan kepada seluruh peserta. " Anak anak sepulang dari perpustakaan tolong cerita kepada orangtua. ceritkan semua kegiatan yang sudah kalian lakukan disini. Bapak mengharap kalian bisa berkunjung kembali kesini dengan mengajak orangtua dan saudaranya yang lain.Disini gudangnya ilmu jadi silahkan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya," tutur Arifin. Kemudian seluruh peserta bersama bapak dan ibu guru foto bersama untuk kenang kenangan.


Setelah cukup lama belajar diperpustakaan, peserta OSL akhirnya melanjutkan kegiatan kedua di Balai benih Ikan (BBI) Kec.Pare.Disni mereka diterima dan dipandu dengan baik oleh bapak Langgeng.Oleh beliau peserta dikenalkan cara pembenihan ikan.Pertama dipilih indukaan betina dan jantan untuk dimasukkan kedalam kolam pemijahan selama 1 malam.Keesokan harinya indukan tersebut dipindah ke kolam asal, hanya telor hasil pemijahan saja yang ditinggal bersama jerami. Telor tersebut akan menetas dalam waktu 2-3hari. Benih hasil telor tersebut dibesarkan hingga mencapai ukuruan 5-7 cm. jika sudah berukuran tersebut, maka bibit bisa dibesarkan.


" DiBBI saat ini berfokus pada pembenihan saja. Sedangkan ikan yang dibenihkan adalah ikan jenis konsumsi. Seperti ika lele, gumari, mujaer, nila,dan patin." kata kepala UPTD BBI Tersebut. Usai mendapat penjelasan dari beliau, anak anak ditemani oleh kakak kakak PPL dari SMKN 1 Tanjunganom Ngajuk. Mereka diajak berkeliling untuk mengaati kolam ikan. Ada sebanyak 12 kolam besar dan beberapa kolam kecil. Sesekali anak anak berhenti dan diajak untuk memberik makan ikan di kolam. 


Citrawati agustina selaku guru pendamping memaparkan. Anak anak merasa senang sekali dengan keiatan seperti ini. Selain untuk mengenalkan mereka tentang objek pembelajaran diluar madrasah, mereka juga merasa terhubur dari kepadatan Ujian Tengah Semester. diakhir sesi anak anak diberikan ikan cupang satu per satu. " ayo anak anak disilahkan maju bergantin, harap antri, nanti pasti diberi ikan,"kata citra.





INFO LAINNYA