Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Kreasi Murid Kelas VI mengolah Ketela menjadi aneka masakan menarik


Sejumlah 32 Murid kelas VI melakukan praktik memasak di Kantin Madrasah. DIbimbing oleh Wali kelasnya, mereka mengolah Ketela  menjadi aneka kue yang menarik. Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang ini, bertjuan untuk sarana praktik sekaligus Refresing bagi siswa kelas Enam usai mengikuti rangkaian Ujian Madrasah,Rabu(09/05/2018).

Dalam kegiatan ini , siswa dibimbing untuk membuat makanan berbahan dasar Ubi jalar dan ketela pohon.Sebagian besar dari mereka telah mempersiapkan bahan dasar setengah matang dari rumah. Selanjutnya diselesaikan ketika praktik di Madrasah. Ada beberapa jenis makanan yang diolah mereka. Makanan tradisional seperti timus, jemblem,putu tegal, sawut , dan kelpon menjadi produk makanan olahan mereka. Ada juga salah satu kelompok yang membuat makanan modern berbentuk Bolu lapis berbahan ubi jalar.


Walikelas VI Elmi Nurrohmah mengatakan, dalam praktik ini anak dibimbing untuk menggali kreatifitas masing -masing. Dengan memanfaatkan ubi dan ketela pohon, mereka berkreasi untuk membuat aneka makanan yang  menarik. " Saat pembimbngan saya hanya mengarahkan dan memberikan deskripsi singkat tentang kegiatan, selebihnya anak anak belajar sendiri melalui beberapa tutorial di youtube dan berkonsultasi dengan orang tua dirumah, " kata Elmi ditengah tengah kegiatannya.

Ia menambahkan, kegiatan seperti ini memang merupakan agenda tahunan Madrasah kami.  dalam pelaksanaan di tahun - tahun sebelunya anak - anak memasak aneka sayur, lauk pauk, dan nasi. Namun pada tahun ini kami sengaja mendesign  membuat kue berbahan dasar ubi jalar  dan ketela pohon. " Dengan perubahan ini diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas anak - anak dalam memanfaatkan bahan - bahan sederhana disekitar mereka, " imbuhnya 

Sementara itu salah satu siswa kelas VI Fatira Yuasa mengatakan, dirinya merasa senang dengan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan praktik memasak ini cukup seru dan menarik. Banyak pengalaman yang didapatnya dari kegiatan ini. " Saya senang sekali, dalam kegiatan ini kelompok kami memilih Kue  bolu lapis menjadi menu kelompok, " katanya.




INFO LAINNYA