Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Ingin Tambah Kreatif , MIM 2 Badas Dolan Ke SDM Kreatif 16 Surabaya



Kepala MIM 2 Badas bersama dengan Forum Silaturrahmi Kepala Sekolah Muhammadiyah (FOSKAM) Kabupaten Kediri berkunjung ke SD Kreatif 16 Surabaya. Kunjungan ini dalam rangka Kegiatan study banding yang telah diprogramkan sejak beberapa bulan yang lalu. Sebanyak sembilan Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah di kabupaten kediri ikut hadir dalam kegiatan ini,Selasa ( 06/11/2018)

SD Muhammadiyah 16 Surabaya atau lebih dikenal dengan sebutan SD Kreatif ini terletak di Baratajaya Gubeng Surabaya . Satu satunya sekolah Muhammadiyah yang memiliki brand kreatif. Secara Fisik sekolah ini tampak tak begitu luas, namun dengan tata ruang yang baik sekolah ini menampung 700 an siswa didalamnya. Dengan bangunan berlantai empat serta design sarana prasarana yang cukup unik, menjadikan sekolah ini diminati banyak konsumen.

Kepala SD Kreatif Maulana menjelaskan, Setiap komponen dalam sekolah ini di design cukup unik. Diantaranya Ruang Kelas tanpa pintu,jendela dibuat bentuk bangun ruang karena untuk media pembelajaran serta membiasakan siswa belajar fokus meski dalam kondisi terbuka. Hiasan ornamen yang merupakan hasil karya siswa tertempel dan bergantungan disetiap sudut ruang kelas." tak lupa, setiap kelas juga kami lengkapi dengan fasilitas sudut baca yang untuk menunjang literasi," kata maulana

Ia menambahkan, Kurikulum kami buat dengan mengacu dari kurikulum 2013 serta Muhammadiyah. Kedua kurikulum tersebut modifikasi dengan rekayasa kurikulum untuk menciptakan kurikulum kreatifnya. " dalam pembelajaran di kelas, anak anak tidak memakai buku paket ataupun buku LKS, namun hanya menggunakan selembar kertas yang kami sebut worksheet." terang maulana. Materi pembelajaran disampaikan oleh guru dengan pendekatan tematik ,diambil dari beberapa buku referensi yang sudah diringkas dan diabil inti sarinya.

Luky Fajarianto kepala MIM 2 Badas menyampaikan dirinya cukup senang bisa mengunjungi sekolah ini. Dari sekolah ini kami mendapat banyak wawasan tentang sekolah kreatif. " Brand Kreatif yang melekat di sekolah ini betul betul nyata dan tampak dalam setiap kehidupan sekolah. Fisik Sekolah, Kurikulum, SDM, dan sebagainya menunjukkan bukti nyata sekolah ini benar benar kreatif sesuai namanya." kata luky.

Penilaian Harian, Tengah semester, dan Akhir semester diracang sesuai dengan kemampuan individu siswa. Sehingga masing masing siswa mendapat bobot soal yang sesuai dengan kemampuannya." Soal yang baik itu adalah soal yang bisa dikerjakan oleh anak - anak, jadi kami buat bermacam macam soal sesuai dg tingkat kemampuan mereka, " pungkas maulana. Dengan demikian sekolah ini merancang Penilaian Semester mandiri / tidak memakai soal buatan dari kelompok K3S.

Diakhir kunjungan Ustadz.Heru salah satu pemrakarsa sekolah kreatif menuturkan." Disekolah ini tidak mengejar nilai akademik, tapi kami mengutamakan proses." kata Ustadz.Heru.Jadi dalam penerimaan PPDB semua siswa dengan latar belakang apapun kami terima.



INFO LAINNYA