Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Dua Siswa ini sibuk cari Kayu Bakar saat Siswa Lainnya asyik Bermain


Senin,(11/02/2019) Murid kelas 5B MI Muhammadiyah 2 Badas kuajak berolahraga di Kawasan Candi Tegowangi. Kegiatan ini sebagai pengganti dari Jam Olahraga senin sebelumnya karena digunakan untuk kerja bakti kegiatan Milad Madrasah. Alangkah bahagianya mereka mendengar jika kegiatan  olahraga kali ini mengambil tempat di Candi.

Usai upacara bendera di Madrasah, mereka segera berganti pakaian olahraga dan mempersiapkan sepeda yang akan dipakainya. Beberapa menit kemudian kami bergegas menuju Kawasan Candi Tegowangi yang berada di Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan.Selama di perjalanan kami mengayuh sepeda dengan santai sambil menikmati idahnya hamparan sawah yang hijau.

Setibanya disana, sepeda kami parkir dengan tertib dan rapi , lalu bergegas baris di sisi lapangan Candi sebelah timur. Dengan perlahan mereka saya jelaskan tentag kegiatan olahraga hari ini yaitu lari mengeliligi lapangan sebanyak empat putaran. Merekapun melaksanakan instruksi yang saya berikan, meskipun terdapat beberapa anak yang protes. Sebelum melakukan lari, tak lupa saya mengajak melakukan pemanasan dan cek kondisi siswa, Alhamdulillah tidak satupun yang sakit.

" Prit..." Bunyi peluit panjang isyarat lari telah dimulai. Bergegas mereka lari dengan kencang. Putaran pertama mereka tampak berlari dengan kencang dan stabil hingga putaran kedua dan ketiga.Memasuki putaran keempat mereka tampak kelelahan sehingga kecepatan larinya melambat." Ayo - ayo , tambah kecepatannya, Kalian Bisa ! " teriakanku menyemangati mereka.

Alhamdulillah, setelah melakukan lari kurang lebih 600 meter , mereka akhirnya bisa menyelesaikan dengan waktu 4 menit 8 detik. Selanjtnya mereka ku perintahkan untuk beristirahat seraya meluruskan kaki agar tidak terkena penyakit varises." Hayo...karena kalian selesai berlari , sekarang luruskan kakinya agar tidak terkena varises dan jangan lupa minum air putih yang banyak." sahut ku disela istirahat.

Selama kurang lebih lima menit bersitirahat, akhirnya merekapun kuberi waktu untuk bermain.Boleh bermain sepak bola, kasti, atau melihat lihat candi tegowangi. " Silahkan kalian bermain bebas,tapi ingat tidak boleh membuang sampah sembarangan serta jangan sampai merusak barang atau tanaman yang ada dikawasan ini. " penjelasanku kepada mereka.

Ketika sebagian besar murid bermain - main dengan senangnya, ada dua anak yang terlihat sedang sibuk bermain sendiri di kebun sisi candi . Awalnya saya biarkan, setelah beberapa menit kemudian gerak gerik mereka menarik perhatian saya. Sayapun mulai mengamati mereka, ternyata mereka sedang berjala mengelilingi kebun sambil mengambil ranting dan dahan pohon kering yang berjatuhan. Subhananlloh, setelah kudekati ternyata mereka sedang membantu seorang nenek tua mencari kayu bakar. Bergegas mereka saya bantu untuk mengumpulkan kayu agar karung nenek segera terisi penuh. Dalam hati saya berdoa " Semoga apa yang kalian lakukan ini mendapat Balasan dari Allah SWT, Amin."

Aryo Bayu Allubsy
Guru PJOK MIM2Badas

INFO LAINNYA