Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Sukses Gelar Pondok Ramadhan berkonsep Enjoy,Fun, dan Berbobot



MIM2BADAS.COM - Sebanyak Seratus Tiga Puluh Murid MIM 2 Badas mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan Tahun 1440 H. Mereka diantaranya merupakan murid dari kelas Tiga hingga kelas lima. Bertempat di Aula Madrasah kegiatan pondok ramadhan ini dibuka oleh Kepala Madrasah. Selama tiga hari kedepan, peserta pondok ramadahan menginap di Madrasah,Senin - Rabu (27-29/05/2019).

Pondok Ramadhan tahun ini terasa lebih berbobot kualitasnya dibanding dengan tahun kemarin. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa sesi kegiatan yang mendatangkan pemateri dari Luar Kota. Diantaranya adalah Afif Hidayatuloh dari Gresik,Marlan Salim dari Kota Kediri, Mahfud Sunaryo dari Kunjang. Serta beberapa pemateri tambahan yang diisi oleh Kepala Madrasah serta Guru MIM 2 Badas sendiri.

Di Hari Pertama diisi dengan materi motivasi diri yang disampaikan oleh Bapak Afif Hidayatulloh dari Gresik. Dalam paparannya ia memberikan pencerahan tentang perubahan diri menjadi pribadi yang lebih baik. " Ada tiga kunci Ramadhan Spiritual Quotation yatiu Dekat dengan Allah, Berfikir Positif, dan Menghormati Orang Tua. " kata Afif. Materi tersebut disampaikan dengan metode NLP for Change serta pemberian sugesti kepada imajinasi anak - anak. Hal ini semakin bagus lagi ketika peserta diberikan terapi dream untuk membantu perubahan diri mereka. 

Hari Kedua lebih beremangat kembali karena peserta diberikan pencerahan oleh Ustadz Marlan Salim. Melalui kajian menjelang buka puasa, peserta mendengarkan dengan penuh antusias materi yang disampaikan oleh beliau. Sukses Dunia Akhirat merupakan materi yang disampaikan oleh Ustdz Marlan. Beliau berkata Apabila ingin sukses di dunia maka kita harus menguasai banyak Ilmu Dunia, Sedangkan sukses di akhirat diperoleh dengan melakukan banyak amalan sholeh." Lima kunci sukses menuntut ilmu diantaranya Niat, Hormat dan patuh kepada Orang Tua, Hormati Guru, Belajar dengan sungguh sungguh, serta Berdoa." tutur beliau 

Bapak Pengawas Madrasah Kecamatan Badas, Mahfud Sunaryo menyampaikan bahwa karakter Murid Madrasah Zaman Now berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Mereka lebih berfikir kritis, suka googling, rasa igin tahu tinggi, Kreatif, dan tentunya sangat dekat dengan IT. Hal ini menuntut Guru dan Orangtua senaniasa memberikan bimbingan positif serta terus mengawasi perkembangan karakter anak. Karakter positif sepeti diatas harus diimbangi dengan akhlaq yang baik. Jangan sampai anaknya cerdas tapi hati dan jiwanya kotor. " Anak - anak boleh mengenal internet dengan dalam, googling dengan leluasa, bermain android dengan nyaman tapi harus diingat batas - batasnya, harus bisa memilah mana hal positif dan negatifnya." kata beliau saat meberikan materi dihari kedua.

Setiap malam menjelang tidur, peserta Pondok Ramadhan diberikan renungan oleh Luky Fajarianto. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi diri guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Melalui metode sugesti yang sukses dicontohkan oleh Afif Hidayatulloh, Kepala MIM 2 badas ini mencoba menerapkan dalam kegiatan pondok ramadhan. Selama satu jam menjelang tidur peserta mengikuti sesi ini. Banyak diantara mereka yang meneteskan air mata serta berteriak takut dan sebagainya. Diakhir sesi ini peserta direlaxasi melalui pernafasan guna merilexkan rongga pernafasan yang berpengaruh terhadap seluruh anggota tubuh.

Selain Materi diatas, Pondok Ramadhan juga diisi dengan beragam kegiatan positif dan menarik. Diantaranya Sholat Dhuha, Jama'ah Sholat lima Waktu, Bakti Sosial sembako untuk warga kurang mampu sekitar Madrasah, Buka puasa bersama, Sahur bersama, Nonton Film religi, serta Ramadhan Fair. Hal ini dilakukan oleh panitia untuk memberikan kenyamanan peserta pondok ramadhan. Bagimana agar peserta merasa senang dan menikmati setiap kegiatan yang diberikan. 

Sebagai acara pamungkas dalam pondok ramadhan kali ini digelar Ramadhan Fair. Dalam kegiatan ini dilaksanakan beberapa perlombaan. Diantaranya lomba Fashion Show, Musik Patrol, Mewarnai untuk anak TK/RA, dan Tahfidz. Disediakan satu panggung utama yang diisi dengan konser musik religi oleh murid MIM 2 Badas dan Tari - Tarian dari murid kelas 1C. Kegiatan ini berlangsung cukup meriah, bayak pengunjung dari luar tampak hadir ngabuburit sambil menonton penampilan peserta lomba. 

Mahfud Sunaryo Wasmad Kecamatan Badas memberika apresiasi baik kepada MIM 2 Badas. dari duapuluh madrasah binaannya hanya MIM 2 Badas yang menyelenggarakn pondok ramadhan seperti ini. "luar biasa dan sangat bagus kegiatan ini , Tiga hari menginap di madrasah dan diberikan kegiatan menarik menjadikan Pondok Ramadhan lebih berkualitas dan  berbobot." kata beliau usai memberikan materi dihari kedua. 

INFO LAINNYA