Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Suguhkan Tema Panji Galuh, MIM 2 sukses menjadi Penampilan Terpanjang dalam Karnaval KKM Badas


MI Muhammadiyah 2 Badas memberikan tampilan terpanjang dalam acara karnaval yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Badas. Dalam acara ini, MIM 2 Badas menyuguhkan penampilan kreatif berupa parade budaya bertema " Panji dan Galuh MIM 2 Badas ". Sebanyak 75 Murid ditampilkan dalam parade ini, mulai dari panji galuh,yuyu kangkang, para klenting yang menjadi tokoh sentral dalam tema.Selasa (20/08/2019)

Sengaja mengambil tema panji dan galuh MIM 2 Badas ingin menyuguhkan sebuah skenario cerita rakyat dari daerah Kediri yang berjudul ande - ande lumut. Dalam cerita tersebut , Panji Asmorobangun yang menyamar sebagai Ande - ande lumut sedang mencari istrinya yang bernama Galuh candrakirana yang sedang menyamar pula sebaga klenting kuning. Cerita Ande ande lumut bermula dari kehidupan klenting kuning bersama ibu angkatnya yaitu Mbok Rondo dan audara angkatnya yaitu para klenting.

Untuk menghidupkan suasana, dalam parade ini juga diberikan narasi berupa dongeng yang disampaikan oleh Pratiwi Dyah Ayu Kusuma ( Juara mendongeng tingkat kabupaten dana regional jawa). Dengan menaiki gerobak yang telah didesign layaknya kereta kencana, pratiwi mendongeng dengan menarik. Ia menceritakan kisah panji dan galuh yang termuat dalam cerita ande ande lumut dari awal hingga akhir. Banyak penonton yang begitu antusias menyaksikan parade ini. " woahaaaa...ha ...haa , aku adalah yuyu kangkang "dengan suara besar pratiwi lihai membawakan suara yuyu kangkang.

Selain para tokoh cerita diatas, dalam parade ini ditampilkan pula tarian para klenting persembahan ekrta tari MIM 2 Badas.Mengenakan kostum penari dengan unsur warna yang serba merah dan kuning, para penari melenggang dijalanan. Kelompok prajurit dengan membawa tombak dan tameng yang terbuat dari bambu serta beberapa rakyat jelata pun ikut meramaikan parade. Dibagian belakang parade ditampilkan barisan profesi oleh anak- anak serta miniatur alat tempur lapis baja yang dibuat dari karung semen dan sepeda. 

Kordinator  parade Elmi Nurrohmah mengatakan Tahun ini sengaja dari MIM 2 badas ingin menyuguhkan sesuatu yang beda dengan lainnya. " Panji dan galuh menjadi tema dari madrasah kami untuk memberikan hiburan serta pengetahuan akan cerita rakyat yang berasal dari Kota tahu ini . " kata elmi. Ia menambahkan untuk menampilkan parade ini butuh kesiapan yang tidak lama, " alhamdulillah berkat kerja keras dan kekompakan bapak ibu guru dalam waktu lima hari kami bisa menyelesaikannya. " tambah elmi

Sementara itu Kepala MIM 2 Badas Luky Fajarianto menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim panji galuh MIM 2 Badas yang telah suskes memberikan tampilan luar biasa. Banyak apresiasi jempol dari masyarakat yang menonton parade. " Meskipun mendapat urutan tampilan terakhir dari seluruh kelompok yang ada, namun MIM 2 Badas mampu memberikan kesan menarik, dan terpanjang diantara yang lain. " tutur Luky  

INFO LAINNYA