Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Menu Lengkap Tengah Semester , PTS dan Festival Bulan Bahasa


Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) telah berjalan kurang lebih selama 3 bulan. Untuk mengetahui tingkat capaian hasil belajar siswa, maka perlu diadakan evaluasi dalam bentuk kegiatan penilaian. Berkenaan dengan hal tersebut, MI Muhammadiyah 2 Badas mengadakan penilaian tengah semester (PTS) ganjil yang berlangsung selama enam hari kedepan. Hal ini sesuai dengan program akademik madrasah yang tertuang dalam kalender pendidikan MIM 2 Badas. Sebanyak 321 Murid MIM 2 Badas mengikuti kegiatan PTS pada kelasnya masing - masing dimulai hari ini,Senin(7/10/2019).

Selama enam hari kedepan, Murid akan mengikuti rangkaian penilaian dalam bentuk ujian tulis dan ujian praktik. Ujian tulis  berupa soal tertulis yang  terdiri  dari pelajaran Tematik, Pendidikan Agama Islam, dan Muatan Lokal. Sedangkan untuk ujian praktik berbentuk penilain praktik sholat, wudhu, baca tulis Al qur'an (BTAQ), Tahfidz, dan TIK. Ujian tulis dilaksanakan pada pukul 07.00 wib hinggal pukul 09.30 ( JP 1 hingga JP 4 ). Sedangkan ujian praktik dilaksanakan sesudahnya sampai waktu dhuzur tiba (JP 5 sampai dengan JP 8)

Selama penilaian tengah semester ini, kegiatan ko kurikuler dikurangi dan beberapa diantaranya seperti upacara bendera dan senam ditiadakan sampai PTS berakhir. Sedangkan untuk kegiatan ektrakurikuler keseluruhan diliburkan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan waktu kepada anak - anak lebih banyak guna belajar dan beristirahat agar bisa mengiukuti PTS dengan baik. 

Wakil kepala madrasah bidang kuriukulum dan kesiswaan Layli Mubarokatin Ma'ani menyampaikan bahwa untuk menghadapi PTS ganjil ini dibutuhkan kerjasama orangtua dirumah. " Saya berharap dengan dipulangkannya anak - anak lebih awal, ada waktu lebih untuk istirahat siang dirumah, sementara sore dan malamnya orangtua dimohon untuk mendampingi anak - anak belajar. " kata layli.

Sementara itu kepala MIM 2 Badas Luky Fajarianto menuturkan bahwa dalam pelaksanaan PTS ini bersamaan dengan even bulan bahasa. Untuk menghemat waktu dan tenaga, maka kedua even ini dirangkai secara estafet. " Setelah anak - anak selesai mengikuti PTS selama 6 hari berturut - turut, pekan depannya merekan akan melaksanakan festival bulan bahasa (FBB) tanggal 19 Oktober 2019." tutur Luky

Ia menambahkan bahwa dalam acara FBB nanti akan digelar berbagai macam lomba nonakademik bidang kebahasaan. Lomba tersebut diantaranya pidato dua bahasa, baca puisi, menulis pusisi, membuat cerita bergambar, dan melukis. Selain itu, juga ada beberapa lomba dan penampilan ekdtrakurikuler diantaranya lomba renang, pentas drama, pertunjukan tari dan Drumband. " Melalui kegiatan tengah semester ini harapan kami semua bidang kbm meliputi kurikuler, kokurikuler, dan ektrakurikuler bisa dinilai dan dievalusi hasilnya sehingga kedepan mampu meningkat dan berkembang dengan baik peribahasa mengatakan sekali merangkuh dayuh dua tiga pulau terlampaui. " imbuh luky

INFO LAINNYA