Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Mimda Cyber Learning, Inovasi MIM 2 Badas di Awal Semester Genap


Sudah pasti ada menu baru di madrasah ini, sesuai dengan brand nya " Madrasah Inovatif " tentunya ada beragam inovasi yang dilakukan. Mulai dari kurikulum, sarana pra sarana, tenaga pendidik, manajemen, bahkan hampir setiap tahun selalu ada yang baru dimadrasah ini. Seperti hal nya yang satu ini, di awal semester genap ini MIM 2 Badas sedang melakukan ujicoba dan buiding system pembelajaran berbasis online.Kamis(16/01/2020)

Sudah tidak asing ditelinga kita, hampir segala lini kehidupan masyarakat saat ini serba online. Mulia dari belanja, makan, cari ojek, nonton tv, dan lain sebagainya. Mayoritas mereka memanfaatkan android berupa HP untuk menjelajahi dunia maya serta berbisnis. Melihat fenomena diatas, MIM 2 Badas sebagai satu - satunya madrasah inovatif di Kabupaten Kediri bergegas menyusun sebuah sistem belajar berbasis online. Hal ini digagas oleh Luky Fajarianto Kepala MIM 2 Badas bersama tim saat diwawancarai oleh tim Mimda beberapa hari yang lalu. 

" Beberapa bulan yang lalu kami mendapat laporan dari beberapa walimurid yang mengatakan bahwa anaknya mulai kecanduan bermain HP, hal tersebut membawa dampak negatif diantaranya malas belajar, malah ibadah, dan malah bantu orangtua. Melihat kasus tersebut kami berfikir bagaimana agar HP ini menjadi media belajar anak - anak dirumah minimal bisa mengurangi dampak negatif seperti yang disampaikan walimurid. " kata luky 

Pada Awal januari 2020 akhirnya digagaslah sebuah program inovatif baru di MIM 2 Badas yakni Mimda Cyber Learning atau pembelajaran online. Berbasis whatsaap group yang memiliki daya tampung lebih dari 200 member, dimanfaatkan untuk membuat kelas online didamping walikelas selaku admin. Materi disampaikan oleh guru berupa text, gambar, video atau audio . Juga bisa berupa link sumber materi yang telah disiapkan sebagai materi ajar. Diakhir sesi anak - anak diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh guru serta teman lainnya. 

Sedangkan untuk memberikan tes atau ujian, menggunakan fasilitas aplikasi quizizz. Melalui  aplikasi tersebut guru dapat membuat instrumen ulangan harian ataupun tugas dengan design layaknya sebuah kuis online. Dalam seminggu dijadwalkan pembelajaran online dilakukan 2 sampai 3 kali. yaitu pada pukul 19.30 wib. Program pembelajaran online ini rencananya akan dilaunching pada bulan februari mendatang, direncanakan penerapannya dikelas 4,5, dan 6

INFO LAINNYA