Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Wujudkan Pembelajaran Efektif Dan Menyenangkan, MIM2Badas Luncurkan Program Inovatifnya

Foto Kepala MIM 2 Badas Luky Fajarianto,S.Pd memberikan materi parenting 
 
Dalam rangka meningkatkan pembelajaran di rumah yang efektif dan menyenengkan, MI Muhammadiyah 2 Badas menyusun beberapa kebijakan pembelajaran di masa pandemi. Hal ini disampaikan langsung oleh kepala madrasah dalam kegiatan parenting walimurid yang dilaksanakan sejak tanggal 13 juli 2020 kemarin. Bertempat di Aula GPM, kegiatan ini diikuti sebanyak 340 walimurid dari seluruh kelas yang dilaksanakn secara bergelombang / shift. Setiap harinya ada sekitar 50 hingga 60 peserta yang terbagi dalam dua shift. Sesuai jadwal, kegiatan ini dilaksanakan selama enam hari,senin s/d sabtu(13 - 18 Juli 2020).

Kepala MIM 2 Badas Luky Fajarianto menyampaikan bahwa tahun ajaran ini anak - anak dari kelas 1 hingga kelas 6 masih melaksanakan kegiatan belajar di rumah (BDR). Hal ini berdasarkan instruksi dari Kementrian Agama Kab.Kediri dimana seluruh madrasah dilarang menggelar kelas tatap muka hingga ada pemberitahuan selanjutnya. " sampai saat ini larangan pemerintah untuk menggelar kelas tatap muka di madrasah masih belum dicabut, dengan demikian seluruh murid mim2badas tetap belajar dari rumah sampai ada informasi berikutnya." Kata Luky 

Ia menambahkan, guna mewujudkan  pembelajaran di rumah yang efektif  dan menyenangkan maka madrasah telah menyusun beberapa program inovatifnya. Diantaranya, teknik pembelajaran secara daring dan luring yang dikembangkan dengan  beberapa jenis  program menarik lainnya. " Sejak bulan maret kemarin anak - anak belajar secara teratur melalui aplikasi whatsapp grup (WAG), namun lama kelamaan terjadi ketidakefektifan lantaran mereka mulai jenuh, sehingga kami harus menyusun beberapa variasi media dan metode pembelajaran seperi kelas virtual, games,video pembelajaran, dan kegiatan yang bersifat refreshing. " Imbuhnya
Dokumentasi kegiatan parenting sosialisasi pembelajaran dari rumah (BDR)

Video pembelajaran berupa rekaman pembelajaran guru dan  animasi materi pembelajaran. Materi tersebut kami susun menggunakan aplikasi pengolah video grafis dan disajikan melalui youtube ataupun WAG. Sedangkan kelas virtualnya kami gunakan aplikasi zoom cloud meeting dimana mampu menyediakan fasilitas video converence hingga ratusan siswa. Selain itu, MIM 2 Badas juga memiliki satu aplikasi video interaktif berisi materi lengkap pelajaran bahasa inggris produk dari global book berbasis national geographic learning (NGL). 

Kegiatan tambahan yang bersifat motivasi dan refreshing juga tengah kami susun sebagai menu pelengkap dalam menunjang pembelajaran di era pandemi. Kunjungan ke rumah siswa (Home Visit ) yang dilakukan oleh guru kelas sebulan sekali dengan mengunjungi rumah murid dikelasnya, diharapkan mampu menjadi penyemangat bagi anak - anak dan orangtua. Madrasah juga menyiapkan satu ruang khusus di lantai satu GPM, yang akan melayani konsultasi walimurid berkenaan dengan kendala atau permasalahan yang dihadapi selama BDR. 


INFO LAINNYA