Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Senyum Membawa Berkah dan Kebahagiaan

Foto Dokumentasi Murid Kelas Ahmad Dahlan memberikan senyuman diawal pembelajaran daring

Agama Islam mengajarkan kepada kita untuk senantiasa menampakkan wajah ceria setiap bertemu orang lain, terlebih terhadap saudara sesama muslim. Sejatinya, senyum merupakan sesuatu yang mulia di sisi Allah. Bahkan, senyum bisa menjadi ibadah yang mudah untuk dilakukan.

Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam :

«تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ»

“Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu” (Sahih, H.R. Tirmidzi no 1956).

Sudah disebutkan dalam hadits diatas bahwa apabila kita tersenyum dihadapan saudara kita, maka bisa dikategorikan telah melakukan sedekah paling ringan yang diperhitungkan oleh Allah SWT.  Secara otomatis sedekah termasuk bisa mendatangkan pahala kebaikan bagi yang bersedekah. Jadi ada nilai sedekah dalam setiap senyuman yang terpancar dari wajah kita.

Kebiasaan senyum adalah salah satu teladan dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang patut kita ikuti.  Karena senyum memuat banyak motivasi bijak. Untuk itu mari biasakan menjadi pribadi yang murah senyum kepada setiap orang  dalam segala kondisi, baik di saat kondisi senang maupun susah. 

Sebagai seorang pendidikan maupun orangtua, sudah sepantasnya kita mengajari putra-putri kita agar terbiasa tersenyum. Seperti anak anak kelas satu Ahmad Dahlan yang hari ini mengawali belajar nya dengan senyuman. Meskipun sedang belajar dari rumah , namun semangat mereka terlihat dari setiap senyuman yang diberikan. 


Penulis ; Laily Mubarokatin Ma'ani


INFO LAINNYA