Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Sambang Kampung, Inovasi MIM 2 Badas dibidang Literasi

Dokumentasi kegiatan Mimda Library Sambang Kampung, Beberapa anak tampak sedang membaca buku

Meskipun langit sore tampak sedikit mendung, namun tak menyurutkan langkah tim Mimda Library menggelar acara sambang kampung. Dengan mengendarai mobil literasi, Bu Dina bersama tim sore ini berkunjung ke rumah salah satu warga di Dusun Genukwatu. Kunjungannya kali ini dalam rangka kegiatan perpustakaan keliling yang merupakan salah satu inovasi MIM 2 Badas dibidang literasi.Jumat(9/10/2020)

Setibanya dilokasi, Bu Dina bersama tim disambut oleh tuan rumah Ibu Any Tasya dan putranya dengan gembira. Selanjutnya tim segera mempersiapkan kegiatan, membuka bagasi mobil, menata karpet, dan meja, serta menyiapkan audio dan buku tamu. Tak berselang lama, tampak beberapa anak sekitar rumah mulai berdatangan. Guna mencegah penularan covid19, tim melaksanakan protokol kesehatan dengan tertib. Setiap anak yang datang diperiksa suhu tubuhnya dan diwajibkan cuci tangan serta memakai masker. 

Selanjutnya, anak2 diperbolehkan masuk ke dalam mobil mimda library secara bergantian. Didalam mobil ini, ada ratusan judul buku cerita menarik yang telah ditata rapi dibeberapa rak buku. Anak - anak bebas memilih buku yang mereka suka dan membacanya di tempat baca yang telah dipersiapkan. 

Tampak wajah senang nan ceria dari anak- anak yang sedang membaca buku bersama teman - temannya. Dengan kegiatan ini mereka sedikit terhibur setelah sekian bulan  lamanya  tak bisa merasakan kegiatan di perpustakaan madrasah karena pandemi covid19. Salah satu anak yang hadir mengungkapkan kegembiraannya, " saya senang sekali sore ini bisa membaca buku bersama teman - teman dan bertemu guru. " ungkap Icha siswi kelas Gatot Mangkupraja.

Kegiatan ini tak hanya digelar bagi siswa MIM 2 Badas saja, siswa dari sekolah lain pun diperkenankan hadir menikmati kegiatan literasi bersama. Seperti yang dilakukan Erma Ajeng bersama 2 kawannya saat menghadiri kegiatan Mimda library di desa Canggu pekan lalu. Ia mengungkapkan kegembiraannya mengikuti kegiatan ini. " Kegiatan Daring dirumah membuat saya rindu sekali bersekolah serta baca buku diperpustakaan, Alhamdulillah sore ini sudah terobati, terimakasih mimda library. " kata Erma

Dina Ayuningtyas kepala Mimda Library menjelasakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program di Madrasah  kami. " Saya Berfikir agar perpustakaan madrasah kami tetap bisa beroperasi meski ditengah keterbatasan karena pandemi, setelah berdiskusi dengan Bapak Kamad Alhamdulillah kami bisa mewujudkan melalui kegiatan sambang kampung ini." Kata Dina.

Ia menambahkan,kegiatan ini akan rutin digelar selama 3 kali dalam seminggu. Tim akan mendatangi anak - anak dirumah berdasarkan wilayah tempat tinggal mereka. Direncakan ada  empat belas titik lokasi kunjungan yang tersebar diwilayah Kecamatan Badas, Pare, dan Plemahan. " kegiatan sore ini merupakan kegiatan kedua, setelah dua pekan lalu dilauncing perdana,karena ada kendala dikendaraan , terpaksa kengiatannya tertunda." Imbuhnya.

Walimurid MIM 2 Badas mengapresiasi gembira program ini. Melalui Whatsapp Grup mereka saling melontarkan apresiasi positifnya atas kegiatan ini. Salah satu diantara walimurid tersebut adalah Bu Rinda, melalui WAG ia menyampaikan semangatnya menyambut kegiatan ini," Wahhh...Mimda Badas memang joss dan keren programnya." Ungkapnya.

Dalam setiap kunjungan tim membatasi kegiatan selama 2 jam saja, mengingat masih dalam masa pandemi. Diakhir kegiatan, dibagikan doorprize menarik untuk beberapa anak yang dapat mempresentasikan secara sederhana terkait isi dari buku yang telah dibacanya didepan teman - temannya. 



INFO LAINNYA