Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, MIM 2 Badas Gelar Lomba Menulis

Dokumentasi Penyerahan Reward Kejuaraan Menulis Puisi dan Cerpen 

Dalam rangka memperingati bulan bahasa dan sastra serta hari sumpah pemuda, MI Muhammadiyah 2 Badas menggelar perlombaan  menulis puisi dan cerita pendek (cerpen). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Murid MIM 2 Badas dari kelas satu hingga enam ini berlangsung selama enam hari dimulai tanggal 20 hingga 25 oktober 2020. Karena masih dalam kondisi pandemi, perlombaan dilaksanakan secara online dan melibatkan peran serta orangtua dirumah.Rabu(28/10/2020)

Lomba menulis puisi diperuntukkan bagi murid kelas satu sampai tiga. Setiap peserta dibantu orangtua,  mengarang puisi sederhana dengan tema bebas. Keaslian tulisan (originalitas ) menjadi nilai utama dalam lomba ini,setiap peserta dilarang menyalin karya milik orang lain. Selain itu, penggunaan kata dalam setiap bait serta makna yang tersirat juga menjadi kategori penilaian.

Bagi murid kelas empat,lima dan enam diarahkan mengikuti lomba menulis cerita pendek (cerpen). Tulisan merupakan karya sendiri, dilarang menjiplak karya orang lain. Orangtua dirumah diperbolehkan membantu dalm proses penulisan. Selain itu,ketentuan lain dalam lomba ini adalah jumlah kata minimal 300 kata dan diketik melalui aplikasi pengolah kata atau bisa juga langsung memakai whatsapp. Peserta yang telah selesai menulis, menyetorkan file tulisannya kepada walikelasnya.

Setelah dewan juri selesai melakukan penilaian tulisan, tiba saatnya panitia mengumumkan hasilnya. Pengumuman hasil perlombaan dilaksanakan dengan menghadirkan sejumlah siswa yang masuk nominansi pemenang. Acara berlangsung singkat dengan menerapkan protokol kesehatan. Bagi anak2 yang lain,bisa menyimak acara ini melalui facebook karena disiarkan secara langsung. 

Aryo Bayu Allubsy, ketua panitia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh peserta lomba. Ia merasa bangga karena  tulisan peserta baik puisi maupun cerpen bagus - bagus. Meski demikian, ia tetap harus memilih 6 terbaik yang akan menjadi juara. " Terimakasih anak- anak sudah berpartisipasi dalam acara ini, tulisanya bagus semua. " kata Bayu saat memberikan sambutan diawal acara

Kepala MI Muhammadiyah 2 Badas Luky Fajarianto memberikan apresiasinya kepada panitia yang telah sukses menggelar acara ini. Meski ditengah keterbatasan, namun buka berarti menghalangi kreatifitas . " Saya apresiasi jempol dua untuk seluruh Panitia dan Peserta lomba juga orangtua dirumah, selamat bagi yang mendapat juara pagi ini, sedangkan yang belum juara jangan kecewa karena karya kalian semua akan dibukukan dan diterbitkan  oleh Madrasah dikemudian hari. " tutur luky

Selain menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam kebahasaan, kegiatan ini bertujuan pula untuk mengajari anak menulis. Harapanya dari kegiatan ini setiap anak dan orangtua dirumah bisa mengisi waktu luangnya untuk membuat tulisan - tulisan yang bernilai manfaat.

Panitia kegiatan Lomba Menulis Bersama Kepala MIM 2 Badas (kiri)


INFO LAINNYA