Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

Makin Bersemangat Tegakkan Qiyamul Lail, Ditengah Pandemi Yang Tak Kunjung Berakhir

Dokumentasi anak - anak Mim DuaBadas sedang melaksanakan Sholat Malam 

Qiyamul Lail merupakan salah satu Ibadah sunnah yang mulia dan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada Ummatnya. Allah SWT memerintahkan dalam Al Quran Surat Al-Isra ayat 79, yang artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."Rasulullah bersabda: Waktu paling dekat antara Rabb dengan hamba-Nya adalah pada separuh malam terakhir. Karenanya jika kamu dapat menjadi salah satu orang yang mengingat Allah, maka lakukanlah (HR. Tirmidzi dan Nasa’i).

Pandemi tak menghalangi semangat kami menegakkan Amalan Sholeh. Setiap malam Senin dan Kamis, Anak - anak kelas 5 dan 6 Mim Duabadas berusaha bangun disepertiga malam. Mereka berusaha untuk menunaikan sholat malam dari rumah masing-masing.Kegiatan ini merupakan salah satu program penguatan karakter yang saat ini tengah dikembangkan Mim Duabadas. " Kami berupaya memanfaatkan waktu yang berlimpah dirumah,guna membekali anak-anak kebiasaan positif salah satunya sholat malam." Kata Trianis Suharnanik waka kesiswaan Mim Duabadas.

Ia menambahkan, jika dalam situasi normal kegiatan ini rutin dilaksanakan sebulan sekali dimadrasah. Dikemas dalam sebuah kegiatan mabit dan diikuti semua siswa kelas 6. "Karena situasi pandemi, akhirnya kami membawa kegiatan ini menjadi salah satu program PPK dan dilaksanakan secara rutin dari rumah dengan binaan melalui Handphone Walikelas, selain itu pesertanya juga kami tambah dari kelas 5 juga." tambahnya

Foto sebelah kiri (sebelum Pandemi), Sebelah Kanan ( Pandemi covid19)

" Karena kegiatan ini masih baru apalagi masih anak- anak, jadi maklum belum semua siswa dapat mengikuti. Dari jumlah siswa kelas 5 dan 6 sekitar 110 anak, baru sepertiganya yang dapat istiqomah melaksanakan. Banyak hal mungkin dihadapi anak dirumah, seperti susah bangun tengah malam, ketiduran, tidak dibangunkan orangtua, dan sebagainya. Namun kami optimis kelak Insya Allah Semua anak - anak bisa mengikuti program ini. Saat ini juga kami selalu evalusi dan tingkatkan agar kegiatan ini bisa lebih menarik lagi untuk anak - anak " Tutur Luky Fajarianto Kepala Mim DuaBadas. 

Dengan kegiatan sholat malam ini diharapkan kelak anak - anak mampu menjadi pejuang qiyamul lail. Selain itu, doa dari bapak dan ibu Guru berharap melalui kegiatan ini semoga kelak anak- anak menjadi pribadi yang cerdas secara  spiritual, emosional, dan sosialnya. Sehingga dapat menjadi ladang pahala dan amal bagi kedua orangtua dan Bapak Ibu Gurunya. Aamiin Ya Robbal Alamiin.




INFO LAINNYA