Selamat Datang di Official Website MI Muhammadiyah 2 Badas - Kediri - Jawa Timur

KURIKULUM

Kurikulum MIM 2 Badas

Kurikulum MIM 2 Badas menggunakan Kurikulum 2013 yang didesign dengan kondisi di madrasah serta dikembangkan sesuai dengan perkembangan kurikulum di era globalisasi. Struktur Kurikulum disusun dan dikembangan menjadi 3 bagian muatan pelajaran. Diantaranya adalah kelompok Kurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler.

Kurikuler menitikberatkan pada kelompok mata pelajaran akademik yaitu Tematik, Pendidikan Agama Islam, dan Muatan lokal. Kokurikuler merupakan kegiatan tambahan / pendukung dari kurikuler.Kokurikuler menitikberatkan pada aspek sikap yang diterapkan melalui beberapa program pembiasaan dimadrasah. Sedangkan ekstrkurikuler merupakan kegiatan tambahan sebagi program untuk mengembangkan potensi bakat dan minat siswa. 

Metode pembelajaran mengimplementasi  metode pembelajaran saintifik atau ilmiah. Dimana pendekatannya meliputi 5 M ( mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan mengkomunikasikan ). Model pembelajaran yang bervariasi menciptakan iklim pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) sehingga siswa termotivasi dalam belajar. 

Penilaian mengacu pada panilain autentik. Dalam penilaian ini mencakup 3 aspek penilaian. Yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Aspek sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, serta jurnal. Aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. sedangkan aspek keterampilan diperoleh dari penilaian proses, kinerja, dan portofolio.

Dengan deskripsi singkat kurikulum diatas, diharapkan mampu mengembangkan kompetensi siswa dalam bidang akademik dan non akademik . Serta membentuk dan mengembangkan 3 kecerdasan anak yang meliputi spiritual quotient (SQ), Emotional quotient (EQ), dan Intelegent quotient (IQ).